Ikan koi akan terjaga kesehatannya manakala mutu kwalitas air di kolam bersih dan jernih, ikan harus bersih dari polutan yang berasal dari sisa – sisa manakan ataupun kotoran ikan itu sendiri. Selain filter air, tanaman air juga sangat bagus untuk membersihkan kolam ikan. Ada beberapa jenis tanaman air yang cocok ditaruh pada kolam koi, diantaranya :

1. Teratai
Teratai atau dikenal dengan Lili Air dalam bahasa latin Nyamphaea merupakan tanaman air yang paling dikenal dan paling sering digunakan. Bunganya cantik berwarna-warni dengan daun yang mengambang di permukaan air. Ukuran teratai berkisar antara 45 – 90 cm. Teratai memiliki berbagai varietas yang dibedakan dari bunganya.

2.Tifa
Tifa atau Typha latifolia merupakan tanaman air liar. Batangnya memanjang, dengan bunga yang menyerupai cerutu.

3. Enceng gondok
Tanaman ini memang lebih dikenal sebagai gulma, namun pada dasarnya enceng gondok atau Eichornia crassipes juga merupakan tanaman penghias. Termasuk tanaman air yang mengapung, batang daun enceng gondok menggembung dan berwarna hijau. Diameter tanaman ini berkisar antara 5-15 cm.
Enceng gondok dikenal sebagai gulma karena tumbuih sangat cepat dan sering memenuhi permukaan air. Selain itu, tanaman ini juga mengganggu ketersediaan oksigen di dalam air. Oleh sebab itu, jika kita menggunakan tanaman ini di kolam, rajin-rajinlah mengangkat tanaman ini jika sudah terlalu memenuhi kolam.

4. Lotus
Lotus atau Nyamphaea lotus dikenal juga dengan sebutan water lily. Tanaman ini mirip dengan teratai, namun ukurannya lebih besar. Daunnya bulat lebar berlapis lilin, berukuran antara 6-10 cm. Lotus menebarkan aroma yang wangi. Lotus memiliki bunga dengan aneka macam warna, dari mulai putih, kuning, ungu, hingga merah jambu. Lotus termasuk ke dalam deep water aquatics plants, karena akarnya tertanam di dalam lumpur kolam.

5. Seroja
Di Indonesia, tanaman ini seringkali disebut sebagai teratai. Seroja atau Nelumbo nucifera Gaertn cocok untuk kolam yang dalam, karena tinggi tanaman ini bisa mencapai 1,5 m. Diameter daun seroja mencapai lebih dari 50 cm. Bunga seroja hanya mekar pada bulan Juli dan Agustus.

6. Pisang Air
Sesuai namanya tanaman ini mirip dengan pohon pisang, namun memiliki daun talas. Pisang air atau Typhonodorum lindyeyanum dapat tumbuh hingga setinggi 4 m, dengan daun yang bergelombang dan berbentuk oval yang dapat mencapai 1,5 m.

7. Apu-apu
Apu-apu (Pistia stratiotes, Pistia crispate) merupakan tanaman berdaun hijau dengan permukaan yang ditumbuhi bulu-bulu halus bertekstrur menyerupai beludru, sementara akarnya berwarna putih. Tanaman ini tersusun melingkar dan bertumpuk-tumpuk. Apu-apu tidak membutuhkan perawatan khusus.

8. Kala lili
Kala lili atau Zantedeschia aethiopica merupakan tanaman yang seolah terbuat dari lilin. Bentuknya berupa corong berwarna putih dengan putik berwarna kuning cerah. Bunga ini memiliki aroma yang lembut. Kala lili akan tumbuh lebih tinggi jika kurang mendapat cahaya matahari.

9.Papyrus paying
Papyrus (Cyperus alternifolius) memiliki batang berbentuk segitiga dengan ketinggian mencapai 1 meter lebih, ujungnya ditumbuhi bunga yang menyerupai daun. Tanaman ini tumbuh secara berkelompok.

10. Bambu air
Bambu air atau Equisetum hyemale merupakan tanaman air yang mirip dengan bambu pada umumnya. Tumbuhan ini berukuran kecil, tingginya hanya sekitar 25 – 100 cm dengan diameter batang yang tidak lebih dari 3 cm.

Untuk tampilan kolam ikan koi yang menarik, sebaiknya pertimbangkan pemilihan tanaman disesuaikan dengan estetika , luasan kolam , bentuk dan konsepnya. Dengan adanya tanaman air ini, akan membantu kinerja filter untuk membersihkan air dari berbagai polutan, menarik untuk dicoba kan ?

Written by admin